Jenis Zat Yang Berbahaya

Ada beberapa bahan lain yang dapat menyebabkan ketergantungan dan sering di salah-gunakan, bahkan menjadi pintu masuk bagi penggunaan narkotika dan psikotropika. Ada beberapa jenis kategori zat yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia yang termasuk dalam jenis narkoba:

  • Narkotika

Narkotika terdiri dari 3 golongan:

  1. Golongan I : Narkotika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan tidak di gunakan dalam terapi, serta mempunyai potensi sangat tinggi mengakibatkan katergantungan. Contoh: Herroin, Kokain, Ganja.
  2. Golongan II : Narkotika yang berkhasiat pengobatan, digunakan sebagai pilihan terakhir dan dapat digunakan dalam terapi atau untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi tinggi mengakibatkan ketergantungan. Contoh: Morfin, Petidin.
  3. Golongan III : Narkotika yang berkhasiat pengobatan dan banyak di gunakan dalam terapi atau tujuan pengembangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan mengakibatkan ketergantungan. Contoh: Codein.
  • Psikotropika

Menurut UU RI No.5/1997, Psikotropika adalah: zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan Narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktifitas mental dan perilaku.

Psikotropika terdiri dari 4 golongan:

  1. Golongan I : Psikottropika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan ilmu pengetahuan dan tidak di gunakan dalam terapi, serta mempunyai potensi kuat mengakibatkan sindrom ketergantungan. Contoh: Ekstasi
  2. Golongan II : Psikotropika yang berkhasiat pengobatan dan dapat di gunakan dalam terapi atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mampunyai potensi kuat mengakibatkan sindroma ketergantungan. Contoh: Amphetamine.
  3. Golongan III : Psikotropika yang berkhasiat pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mampunyai potensi sedang mengakibatkan sindroma dan ketergantungan. Contoh: Phenobarbital.
  4. Golongan IV : Psikotropika yang berkhasiat pengobatan dan sangat luas digunakan dalam terapi atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mampunyai potensi ringan mengakibatkan sindroma dan ketergantungan. Contoh: Diazepam, Nitrazepam (BK, DUM)
  • Zat Adiktif Lainnya

Yang termasuk Zat Adiktif lainnya adalah: bahan/zat yang berpengaruh psikoaktif diluar Narkotika dan Psikotropika. Beberapa jenis yang meliputi Zat Aktif lainnya ini adalah:

  1. Alkohol: Mengandung etanol etil alcohol, yang berpengaruh menekan susunan saraf pusat dan sering menjadi bagian kehidupan manusia sehari-hari dalam kebudayaan tertentu. Jika digunakan bersamaan dengan narkotika atau psikotropika akan memperkuat pengaruh obat/zat itu dalam tubuh manusia.

Ada 3 golongan minuman beralkohol:

  1. Golongan A : kadar etanol 1-5% (bir)
  2. Golongan B ; kadar etanol 5-20% (berbagai minuman anggur)
  3. Golongan C : kadar etanol 20-45% (whisky, vodka, manson house, johny walker)
  4. Inhalasi: (gas yang di hirup) dan solven (zat pelarut) nudah menguap berupa senyawa organic, yang terdapat pada berbagai barang keperluan rumah tangga, kantor dan sebagai pelumas mesin. Beberapa jenis yang sering disalah-gunakan oleh pecandu adalah; Lem, Tiner, Penghapus cat Kuku, Bensin
  5. Tembakau: Pemakaian tembakau yang mengandung Nikotin sangat luas di masyarakat.

 

Demikianlah beberapa zat aktif yang berbahaya dalam kehidupan ini, kenali dan waspadai peredarannya, bagaimana pun juga semua zat yang sudah diterangkan di atas memiliki resiko dan membahayakan hidup ini manakala kita salah menggunakannya.

Tinggalkan Balasan