Jenis Golongan Narkoba

Dalam upaya penanggulangan NAPZA (NArkotika Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya) di masyarakat, pemakaian rokok dan alkohol terutama pada remaja, harus menjadi bagian dari upaya pencegahan, karena rokok dan alcohol sering menjadi pintu masuk penyalahgunaan NAPZA lain yang berbahaya.

 

Sedangkan berdasarkan efeknya terhadap perilaku yang ditimbulkan dari Narkoba dapat digolongkan menjadi 3 golongan:

  1. Golongan Depresan (Downer)
    Adalah jenis Narkoba yang berfungsi mengurangi aktifitas fungsional tubuh. Jenis ini membuat pemakainya menjadi tenang dan bahkan membuat tertidur bahkan tak sadarkan diri.
    Contoh: Opioda (Morfin, Heroin, Codein), Sedative (Penenang), Hipnotik (Obat tidur) dan Tranquilizer (Anti Cemas)
  2. Golongan Stimulan (Upper)
    adalah jenis Narkoba yang merangsang fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan kerja. Jenis ini membuyat pemakaunya menjadi aktif, segar dan bersemangat.
    Contoh: Aphetamine (Shabu, Ekstasi), Kokain.
  3. Golongan Halusinogen
    adalah jenis Narkoba yang dapat menimbulkan efek halusinasi yang bersifat mengubah perasaan, pikiran dan seingkali menciptakan daya pandang yang berbeda sehingga seluruh perasaan dapat terganggu.
    Contoh: Kanabis (Ganja)

 

Demikianlah Jenis Golongan Narkoba yang perlu anda ketahui dan waspadai, ciptakanlah hidup sehat tanpa pengaruh Narkoba, jaga teman anda dari pengaruh Narkoba, hidup ini akan lebih indah tanpa itu semua.

Tinggalkan Balasan